Rabu, 28 November 2012

Apa sih Akuntansi?

Assalamu'alaikum Wr Wb..
long time no post di blog abal-abalku nih. :D

kali ini aku mau share tentang ilmu keakuntansian. Kalo denger kata Akuntansi pasti langsung mikir ke arah ==>uang duit, uang duit. 
Tapi ternyata nggak kayak gitu sodara2, akuntansi is about an art of recording financial transactions. ^^ kenapa kok bisa dibilang seni sih? 

akuntansi itu dimulai dari 
aktiva + beban + pengeluaran modal = kewajiban + ekuitas + pendapatan.
Gini, curhat dulu ya, ehm.. pas SMK dulu aku juga nggak ngerti itu dimana seninya akuntansi, setiap pelajaran produktif disuguhin ama yang namanya transaksi, ngegaris2in jurnal, nyelesaiin siklus akuntansi dalam waktu sehari (pagi-sore), pliss imagine.. Rasanya tangan kaya mau copot, manggul semen di pundak sama ngerasain panasnya duduk seharian, tinta pulpen pun langsung lenyap dalam keganasan siklus tersebut. belum lagi kalo udah berhubungan ama yang namanya perpajakan, oh Allah.. bayangin sendiri aja deh kalo yang tentang pajak mah yah ;)

Seiring dengan berjalannya waktu, aku semakin sadar. lah yaa itu seninya akuntansi, bila bisa berhasil menemukan titik keseimbangan (balance) dalam berbagai pencatatan ada sensasi kepuasan batin yang amat sangat menakjubkan, namun bila tidak berhati-hati juga bakalan bikin sakit hati. 

PSAK makin hari pun makin berubah, aku sempet mikir bahwa buat apa aku sekarang belajar cara penyusutan, amortisasi, revaluasi, investasi, saham, obligasi, dan penilaian/pencatatan merumitkan lainnya jika besok pas aku ngajarin murid-muridku peraturan akuntansi bakalan berubah lagi, toh aku perlu yang namanya belajar dari awal lagi. ehm, tapi Islamku ngajarin bahwa nggak ada ilmu yang sia-sia di dunia ini. setuju kan yaa? ^^

well, Insya Allah di masa mendatang aku akan posting tentang beberapa hal tentang akuntansi, biar semua orang tau dan sepakat dengan statement dosen saya bahwa ACCOUNTING IS BEAUTIFULL .

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar